Rabu, 03 Juli 2013

115. ORANG TUA DI ZAKATI ANAK DARI MALAYSIA

PERTANYAAN:
Assalam. . . Wr wb. . .
ust bgaimna hkumnya seorag anak menzakati ortux atw sbaliknya tpi org yg menzakati trsbut brada d ngara laen msalx dmlaysia dll . apkah shah zakatnya tsbut?
wassalam. . .

Sail: Adit FS Adjha

JAWABAN:
Wa Alaikum Salam Wr. Wb.

Boleh, dengan sayarat ada idzin dari yang bersangkutan apabila tidak menjadi tanggung jawab dari orang yang hendak menzakatinya dan zakatnya harus diserahkan kepada hakim, karena hakimlah yang boleh memindahkan zakat. Sedangkan zakat fitrah yang akan dikeluarkan harus berupa makanan pokok sesuai dengan makanan pokok tempat orang yang mau dizakati.

حاشية الباجوري (ج 1/ص 279)
(قوله ويزكي الشحص عن نفسه وعمن تلزمه نفقته) بخلاف من لا ‏تلزم نفقته فلايزكي عنه، نعم للأصل أن يخرج من ماله زكاة موليه الغنى لأنه يستقل بتمليكه بخلاف‎ غير موليه كولده الرشيد وكالأجنبي فلايجوز إخراجها عنه إلابإذنه

Seseorang hendaknya membayar zakat fitrah untuk dirinya dan orang Islam lain yang wajib dinafkahi. Beda halnya dengan orang yang tidak wajib dinafkahi, maka boleh membaryar zakat untuknya, namun bagi orang tua boleh membayar zakat fitrah dari harta dirinya sendiri untuk orang yang menjadi tanggung jawabnya yang kaya, beda halnya dengan selain orang yang menjadi tanggung jawabnya, seperi anak yang pintar dan orang lain, maka tidak boleh menguluarkan zakat fitrah untuknya kecuali dengan idzin-nya.

حاشية الباجوري (ج 1/ص 280)
(قوله من قوت بلده) أي بلد المخرج إن أجرج عن نفسه، فإن أخرج عن غيره فإن كان المخرج عنه في بلد المخرج فالأمر ظاهر، وإن كان في بلد أخرى فالمعتبر بلد المخرج عنه بناء على الأصح من أن الفطرة تجب أولا على المخرج عنه ثم يتحلها عنه المخرج إلى أن قال.... ولا يدفعها لفقراء بلده بل يدفعها للحاكم لأن له نقل الزكاة

Zakat fitrah diambilkan dari makanan pokok negaranya, yaitu negara tempat tinggal dari orang yang hendak mengeluarkan zaikat jika mau mengeluarkan untuk dirinya, jika untuk orang lain, maka ditafsil, jika orang yang mau dizakati berada di negara/tempat orang yang mengeluarkan zakat, maka hukumnya sudah jelas (yaitu disesuaikan dengan makanan pokok ditempat tersebut), jika orang yang mau dizakati ada di negara/tempat lain, maka yang menjadi ukuran ialah makanan pokok di negara/tempat orang yang mau dizakati, pendapat ini berdasarkan pendapat yang Ashoh bahwa "zakat fitrah pertama kalinya wajib atas orang yang hendak dizakati, kemudian Mukhrij (orang yang mengelurkan zakat) yang menanggungnya"...... Dan zakat fitrah tersebut tidak boleh diserahkan kepada orang-orang fakir di negara/tempat itu, akan tetapi harus diserahkan kepada hakim, karena hakimlah yang berhak memindahkan zakat.

Fokus>>>>
فإن أخرج عن غيره فإن كان المخرج عنه في بلد المخرج فالأمر ظاهر، وإن كان في بلد أخرى فالمعتبر بلد المخرج عنه

ولا يدفعها لفقراء بلده بل يدفعها للحاكم لأن له نقل الزكاة

بغية المسترشدين (ج 1/ ص217) المكتبة الشاملة
وعبارة ب الراجح في المذهب عدم جواز نقل الزكاة، واختار جمع الجواز كابن عجيل وابن الصلاح وغيرهما، قال أبو مخرمة: وهو المختار إذا كان لنحو قريب، واختاره الروياني ونقله الخطابي عن أكثر العلماء وبه قال ابن عتيق، فيجوز تقليد هؤلاء في عمل النفس

Pendapat yang rojih dalam madzhab Imam Syafi'ie tidak boleh memindahkan zakat dari negara/tempat asal ke negara/tempat yang lain. Dan sekumpulan Ulama', seperti Imam Ibnu 'Ujail, Ibnu Sholah dan Ulama' lainnya memilih bolehnya memindahkan zakat. Imam Abu Makhromah berkata, pendapat ini adalah pendapat yang Mukhtar (terpilih) jika untuk diserahkan kepada Qorib (sanak famili). Pendapat ini juga dipilih oleh Imam Ruyani. Dan Imam Khothabi menuqil pendapat ini dari mayoritas ulama' dan pendapat ini juga diutarakan oleh Imam Ibnu 'Atiq. Oleh karena itu seseorang boleh mentaqlid (mengikuti) pendapat mereka (bolehnya memindahkan zakat) untuk diamalkan sendiri.

Link diskusi:
https://www.facebook.com/groups/230254130404633?view=permalink&id=456218354474875&refid=18&_rdr

Tidak ada komentar :

Posting Komentar