Jumat, 07 Juni 2013

0069. STATUS HIDANGAN DALAM RESEPSI PERNIKAHAN

Assalamu alaikum wr.wb
Misalny Andi pergi ke resepsi pernikahan ktika makanan sudah disuguhkn Andi diam2 memasukkan makanan tersbut kesakunya dia beralasan bhw mkanan trsebut sdah disediakn 0leh s0hibul hajat. bukan hanya itu Dony yg sdang sibuk melayani tamu juga memasukkan sisa2 mkanan ke saku Andy.

Pertanyaannya:
Bagaimana okum tindakn Andy trsebut dg beralasan seperti d atas?
Dan bgaimna pula hukum tindakn Dony tsb.?
Mohon bantuanx klo bsa dg ibarotx.

( Sail: Subhan Ygclalue Dmanja )

JAWABAN:

ﻭﻋﻠﻴﻜﻢ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ

Tindakan si Andi tersebut ditafsil:
1. Jika suguhan yang disuguhkan oleh Shohibul Hajat(tuan rumah)memang dipersilahkan untuk dibawa pulang atau sudah menjadi tradisi suguhan tersebut memang diberikan untuk dibawa pulang seperti bingkisan makanan (Bérkat, Madura) yang biasa diberikan saat acara Tahlilan, Yasinan, Tasyakkuran DLL, maka hukumnya boleh dibawa.
2. Jika suguhan tersebut pada umumnya diberikan hanya untuk dimakan di tempat, seperti makanan yang disuguhkan untuk tamu biasa, maka bagi tamu tersebut hanya boleh memakannya ditempat dan tidak boleh membawanya pulang kerumahnya .
3. Suguhan tersebut pada umumnya hanya untuk dimakan ditempat, namun pemiliknya menyuruh membawanya pulang atau si tamu minta idzin terlebih dahulu, maka boleh membawanya pulang.. Begitu juga boleh membawanya pulang jika yakin atau punya dugaan kuat (Dhan) bahwa pemiliknya merelakannya jika dibawa pulang, tapi harus mempertimbangkan keadaan tuan rumah, prihal undangan dan kadar barang yang mau dibawa. Dan jika seperti ini lebih ihtiyat (berhati-hati) minta idzin terlebih dahulu.

Refrensi:

ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ/ ﺝ/7: ﺹ338-337:
ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ: ﻫﻞ ﻳﻤﻠﻚ ﺍﻟﻀﻴﻒ ﻣﺎ ﻳﺄﻛﻠﻪ؟ ﻭﺟﻬﺎﻥ. ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻘﻔﺎﻝ: ﻻ ﺑﻞ ﻫﻮ ﺇﺗﻼﻑ ﺑﺈﺫﻥ ﺍﻟﻤﺎﻟﻚ، ﻭﻟﻠﻤﺎﻟﻚ ﺃﻥ ﻳﺮﺟﻊ ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺄﻛﻞ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ: ﻧﻌﻢ. ﻭﺑﻢ ﻳﻤﻠﻚ؟ ﻓﻴﻪ ﺃﻭﺟﻪ. ﻗﻴﻞ: ﺑﺎﻟﻮﺿﻊ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻳﻪ، ﻭﻗﻴﻞ: ﺑﺎﻷﺧﺬ، ﻭﻗﻴﻞ: ﺑﻮﺿﻌﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻢ، ﻭﻗﻴﻞ: ﺑﺎﻻﺯﺩﺭﺍﺩ ﻳﺘﺒﻴﻦ ﺣﺼﻮﻝ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻗﺒﻴﻠﻪ. ﻭﺿﻌﻒ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ ﻣﺎ ﺳﻮﻯ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﺍﻷﺧﻴﺮ. ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻷﻭﺟﻪ ﻳﻨﺒﻨﻲ ﺍﻟﺘﻤﻜﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ. ﻗﻠﺖ: ﻗﺎﻝ ﺻﺎﺣﺐ «ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ» : ﺇﺫﺍ ﻗﻠﻨﺎ : ﻳﻤﻠﻜﻪ ﺑﺎﻷﺧﺬ ﺃﻭ ﺑﺎﻟﻮﺿﻊ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻢ، ﻓﻬﻞ ﻟﻶﺧﺬ ﺇﺑﺎﺣﺘﻪ ﻟﻐﻴﺮﻩ ﺍﻟﺘﺼﺮﻑ ﻓﻴﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﺫﻟﻚ؟ ﻭﺟﻬﺎﻥ. ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ [ﻭﻗﻮﻝ ﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ] ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻛﻤﺎ ﻻ ﻳﻌﻴﺮ ﺍﻟﻤﺴﺘﻌﺎﺭ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﺣﺎﻣﺪ ﻭﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻄﻴﺐ : ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻔﻌﻞ ﻣﺎ ﻳﺸﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻴﻊ ﻭﺍﻟﻬﺒﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ؛ ﻷﻧﻪ ﻣﻠﻜﻪ. ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺼﺒﺎﻍ: ﻫﺬﺍ ﻻ ﻳﺠﻲﺀ ﻋﻠﻰ ﺃﺻﻠﻬﻤﺎ. ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ: ﻟﻴﺲ ﻟﻠﻀﻴﻒ ﺍﻟﺘﺼﺮﻑ ﻓﻲ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﺑﻤﺎ ﺳﻮﻯ ﺍﻷﻛﻞ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺤﻤﻞ ﻣﻌﻪ ﻣﻨﻪ ﺷﻴﺌﺎ، ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺃﺧﺬ ﻣﺎ ﻳﻌﻠﻢ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻤﺎﻟﻚ ﺑﻪ، ﻭﻳﺨﺘﻠﻒ ﺫﻟﻚ ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻟﻤﺄﺧﻮﺫ ﻭﺟﻨﺴﻪ، ﻭﺑﺤﺎﻝ ﺍﻟﻤﻀﻴﻒ ﻭﺍﻟﺪﻋﻮﺓ. ﻓﺈﻥ ﺷﻚ ﻓﻲ ﻭﻗﻮﻋﻪ ﻓﻲ ﻣﺤﻞ ﺍﻟﻤﺴﺎﻣﺤﺔ، ﻓﺎﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ، ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻠﻀﻴﻒ ﺇﻃﻌﺎﻡ ﺍﻟﺴﺎﺋﻞ ﻭﺍﻟﻬﺮﺓ.

ﻣﻐﻨﻲ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ/ ﺝ/4: ﺹ410-409:
ﻭﻟﻪ) ﺃﻱ ﺍﻟﻀﻴﻒ (ﺃﺧﺬ ﻣﺎ ﻳﻌﻠﻢ ﺭﺿﺎﻩ) ﺃﻱ ﺍﻟﻤﻀﻴﻒ (ﺑﻪ) ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻌﻠﻢ ﻣﺎ ﻳﺸﻤﻞ ﺍﻟﻈﻦ؛ ﻷﻥ ﻣﺪﺍﺭ ﺍﻟﻀﻴﺎﻓﺔ ﻋﻠﻰ ﻃﻴﺐ ﺍﻟﻨﻔﺲ، ﻓﺈﺫﺍ ﺗﺤﻘﻖ ﻭﻟﻮ ﺑﺎﻟﻘﺮﻳﻨﺔ ﺭﺗﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻘﺘﻀﺎﻩ، ﻭﻳﺨﺘﻠﻒ ﺫﻟﻚ ﺑﺎﺧﺘﻼﻑ ﺍﻷﺣﻮﺍﻝ ﻭﺑﻤﻘﺪﺍﺭ ﺍﻟﻤﺄﺧﻮﺫ ﻭﺑﺤﺎﻝ ﺍﻟﻤﻀﻴﻒ ﻭﺑﺎﻟﺪﻋﻮﺓ، ﻓﺈﻥ ﺷﻚ ﻓﻲ ﻭﻗﻮﻋﻪ ﻓﻲ ﻣﺤﻞ ﺍﻟﻤﺴﺎﻣﺤﺔ، ﻓﺎﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﺃﺻﻞ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ. ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻹﺣﻴﺎﺀ: ﻭﺇﺫﺍ ﻋﻠﻢ ﺭﺿﺎﻩ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﻟﻪ ﻣﺮﺍﻋﺎﺓ ﺍﻟﻨﺼﻔﺔ ﻣﻊ ﺍﻟﺮﻓﻘﺔ، ﻓﻼ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺄﺧﺬ ﺇﻻ ﻣﺎ ﻳﺨﺼﻪ ﺃﻭ ﻳﺮﺿﻮﻥ ﺑﻪ ﻋﻦ ﻃﻮﻉ ﻻ ﻋﻦ ﺣﻴﺎﺀ

(Dijawab Oleh: Muqit Ismunoer )

Link Diskusi:
http://www.facebook.com/groups/230254130404633?view=permalink&id=417226155040762&refid=18

Tidak ada komentar :

Posting Komentar