Jumat, 07 Juni 2013

0072. HUKUM AL-QUR'AN TERJEMAHAN

asslamu alaikum.
pra guru2 kalo hukumx orang membwa al-Qur'an terjemahan gImana? minta tolong.

SAIL: Misbah Al Amin Qbuas

JAWABAN:

Wa Alaikum Salam

Al-Qur'an terjemahan hukumnya sama dengan kitab tafsir, sedangkan hukum menyentuh kitab tafsir sendiri bagi orang haid dan hadats masih terdapat khilaf dikalangan ulama', ada yang berpendapat boleh, ada yang berpendapat tidak boleh, ada juga yang menafsil. Ulama' yang menafsil berpendapat, jika al-Qur'an-nya lebih banyak dari tafsirnya maka menyentuhnya bagi orang yang haid dan hadas hukumnya haram, dan jika Tafsirnya lebih banyak dari al-Qur'an, maka masih terdapat beberapa pendapat namun pendapat yang Ashoh hukumnya boleh disentuh oleh orang hadas atau orang haid namun makruh.
Pendapat Yang kedua haram, karena masih mengandung al-Qur'an,
pendapat yang ketiga, jika al-Qur'an-nya bisa dibedakan dari Tafsirnya, semisal tulisannya dicetak dg tulisan tebal yang diberi warna merah atau kuning dan semcamnya, maka hukumnya haram, jika tidak bisa dibedakan maka boleh.

ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ: ﻫﻞ ﻧﺴﺨﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﺮﺑﻲ- ﻓﺮﻧﺴﻲ ﺗﻌﺪ ﻣﺼﺤﻔﺎ ﻻﻳﺠﻮﺯ ﻟﻤﺴﻪ ﺇﻻﻋﻠﻰ ﻃﻬﺎﺭﺓ ﺃﻡ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻣﻨﻪ ﺣﺘﻰ ﻓﻰ ﻓﺘﺮﺓ ﺍﻟﺤﻴﺾ؟؟ ﺷﻜﺮﺍ ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ: ﻓﺘﺮﺟﻤﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻟﻬﺎ ﺣﻜﻢ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ، ﻭﻓﻰ ﻣﺲ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﻭﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺧﻼﻑ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺑﻴﻦ ﻣﺠﻴﺰ ﻭﻣﺎﻧﻊ ﻭﻣﻦ ﻳﻔﺼﻞ، ﻭﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﻔﺼﻠﻮﻥ ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ: ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﻭﻟﻮ ﻟﻢ ﻳﻜﺘﺐ ﻣﻨﻔﺼﻼ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﺲ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻜﺘﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﺎﺋﺾ ﻭﺍﻟﻤﺤﺪﺙ، ﻭﺃﻣﺎ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﺃﻛﺜﺮ ﻓﻼ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻣﻜﺮﻭﻩ، ﻭﺍﻟﺘﺮﺟﻤﺔ ﻟﻬﺎ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ، ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﺗﻤﻴﻞ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻨﻔﺲ، ﻓﻔﻰ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻟﻠﻨﻮﻭﻱ : ﻛﺘﺎﺏ ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻴﻪ ﺃﻛﺜﺮ ﻛﺒﻌﺾ ﻛﺘﺐ ﻏﺮﻳﺐ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺣﺮﻡ ﻣﺴﻪ ﻭﺣﻤﻠﻪ ﻭﺟﻬﺎ ﻭﺍﺣﺪﺍ ﻛﺬﺍ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻭﻧﻘﻠﻪ ﺍﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ﻋﻦ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﺃﻛﺜﺮ - ﻛﻤﺎﻫﻮ ﺍﻟﻐﺎﻟﺐ- ﻓﻔﻴﻪ ﺃﻭﺟﻪ ﺃﺻﺤﻬﺎ ﻻﻳﺤﺮﻡ، ﻷﻧﻪ ﻟﻴﺲ ﺑﻤﺼﺤﻒ ﻭﺑﻬﺬﺍ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺪﺍﺭﻣﻲ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻳﺤﺮﻡ ﻟﺘﻀﻤﻨﻪ ﻗﺮﺁﻧﺎ ﻛﺜﻴﺮﺍ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻣﺘﻤﻴﺰﺍ ﻋﻦ ﺍﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﺑﺨﻂ ﻏﻠﻴﻆ ﺣﻤﺮﺓ ﺃﻭﺻﻔﺮﺓ ﻭﻧﺤﻮﺫﻟﻚ ﺣﺮﻡ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ، ﻭﺑﻪ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺣﺴﻴﻦ ﻭﺻﺎﺣﺒﺎﻩ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ ﻭﺍﻟﺒﻐﻮﻱ ﻭﺿﻌﻔﻪ ﻏﻴﺮﻫﻤﺎ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ : ﻭﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ ﻛﺮﻩ، ﺇﻧﺘﻬﻰ.

Sumber:
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=96305

Link Diskusi:
http://www.facebook.com/groups/230254130404633?view=permalink&id=414753781954666&refid=18

Tidak ada komentar :

Posting Komentar