Jumat, 07 Juni 2013

0090. NIAT DALAM TAJDIDUL WUDHU’



asslamu'alaikum wr.wb. . . .

P'ustad & ustdah. . . Aqw mwu nxa' nich. . . Bgaimna hukum dri tahaddasul wudu' (nyarnganyareh wudu') & niatx apakah tetap mlafadlkan lirof'il hadats / litahaddasil wudu'. . . & cra mena'yin, , apkah tetap mlafadlkan: fard0n lillahi ta'ala / sunnatan lillahi ta'ala. . . M0h0n pnjlasnx & refrensix. . . Wassalam. . . . ? ? ?

Sail: Zaend Javier Zaennetty  

Jawaban:  

Wa Alaikum Salam  

Dalam permasalah ini(tajdidul wudhu') terdapat lima pendapat :
1.         Bila wudhu pertama telah digunakan untuk menjalankan shalat baik shalat wajib atau shalat sunnat bila belum digunakan maka tidak disunahkan , pendapat ini diputuskan oleh Imam al-Baghawy dan inilah pendapat yang paling shahih
2.       Bila wudhu' pertama telah digunakan untuk menjalankan shalat wajib, bila belum digunakan maka tidak disunahkan . pendapat ini diputuskan oleh Imam al-Faurany.
3.       Bila wudhu' pertama telah digunakan untuk menjalankan apa yang ia niati saat melakukan wudhu, bila belum digunakan maka tidak disunahkan , pendapat ini diputuskan oleh Imam as-Syasyi dalam kitab “al -Mu’tamad dan al-Adzhar”
4.        Bila wudhu pertama telah digunakan untuk menjalankan shalat, sujud tilawah, sujud syukur, membaca al-Quran yang terdapat pada mushaf, bila belum digunakan maka tidak disunahkan , pendapat ini diputuskan oleh Abu Muhammad al-Juwayni dalam awal kitabnya yang bernama al-Furuq.
5.       Disunahkan memperbaharui wudhu meskipun wudhu pertamanya belum digunakan untuk menjalankan apapun dan ini adalah pendapat Imam al-Haramain.

Dalam pernyataannya beliau menambahkan “Hal ini bila antara wudhu pertama dan wudhu yang baru terdapat jeda waktu yang dianggap sebagai pemisah antara keduanya, bila tidak terdapat pemisah, wudhu yang baru hukumnya bagaikan basuhan pada anggota wudhu yang ke empat., Dan ini adalah pendapat yang sangat aneh. al-Qadhy Abu Thayyib dalam kitab "Syarh al-Furu’ dan ulama-ulama lainnya seperti al-Baghawy , al-Mutawally, ar-Rauyany serta ulama-ulama fiqh lainnya menegaskan “Dimakruhkan memperbaharui wudhu bila wudhu pertamanya belum dipergunakan untuk menjalankan apapun” al-Mutawally dan ar-Rauyany menambahkan Begitu pula bila wudhu pertamanya hanya di pergunakan untuk membaca al-Quran, maka makruh memperbaruinya, sedang bila dipergunakan untuk sujud Tilawah atau sujud Syukur maka tidak disunahkan diperbarui namun bila diperbarui hukumnya tidaklah makruh”.
REFERENSI :
Al Majmu’ : Juz I / Hal 469.

 اتفق أصحابنا علي استحباب تجديد الوضوء وهو أن يكون علي وضوء ثم يتوضأ من غير أن يحدث ومتى يستحب: فيه خمسة أوجه أصحها إن صلى بالوضوء الاول فرضا أو نفلااستحب والا فلا وبه قطع البغوي (والثاني) ان صلى فرضا استحب والا فلا وبه قطع الفوراني (والثالث) يستحب ان كان فعل بالوضوء الاول ما يقصد له الوضوء والافلا ذكره الشاشى في كتابيه المعتمد والمستظهري في باب الماء واختاره (والرابع) إن صلى بالاول أو سجده لتلاوة أو شكر أو قرأ القرآن في مصحف استحب والا فلا وبه قطع الشيخ أبو محمد الجويني في أول كتابه الفروق: والخامس يستحب التجديد ولو لم يفعل بالوضوء الاول شيئا أصلا حكاه امام الحرمين قال وهذا انما يصح إذا تخلل بين الوضوء والتجديد زمن يقع بمثله تفريق فاما إذا وصله بالوضوء فهو في حكم غسلة رابعة وهذا الوجه غريب جدا وقد قطع القاضي أبو الطيب في كتابه شرح الفروع والبغوي والمتولي والرويانيوآخرون بأنه يكره التجديد إذا لم يؤدِّ بالأول شيئًا، قال المتولي والروياني: وكذا لو توضأ وقرأ القرآن في المصحف يكره التجديد. قالا: ولو سجد لتلاوة أو شكر، لم يستحب التجديد ولا يكره،

Sedangkan masalah niat wudhu'nya ulama' juga beda pendapat : menurut Imam Ibnu Hajar cukup niat menghilangkan hadast, sedangkan menurut ulama' lain menganggap tidak cukup.

REFERENSI :  
Hasyiyah al Jamal : juz 1 / Hal 103.
 وَاعْتَمَد َ أَنَّ الْوُضُوءَ الْمُجَدَّ دَ لاَ يُكْتَفَى فِيْهِ بِنِيَّةِ الرَّفْعِ أَوِاْلاسْ تِبَاحَةِ خِلاَفًا لحج حَيْثُ اكْتَفَى بِذَلِكَ تَبَعًا لاِبْنِ الْعِمَادِ وَقَدْ تَقَدَّمَ أَيْضًا عَنِ اْلإسْنَوِ يِّ قَالَ وَمِثْلُ مَا ذُكِرَ وُضُوْءُ الْجُنُبِ إذَا تَجَرَّدَت ْ جَنَابَتُه ُ لِمَا يُسْتَحَبّ ُ لَهُ الْوُضُوْء ُ مِنْ نَوْمٍ أَوْ أَكْلٍ أَوْ نَحْوِ ذَلِكَ كَمَا أَفْتَى بِهِ الْوَالِدُ أَيْفَلاَ تَكْفِيْهِ نِيَّةُ رَفْعِ الْحَدَثِ أَوِ اْلاسْتِبَ احَةُ وَظَاهِرُه ُ أَنَّهُ يَكْفِيْهِ فَرْضُ الْوُضُوءِ وَيُوَجَّه ُ بِأَنَّهُ فَرْضٌ فِي الْجُمْلَة ِ اهـ  

Dijawab oleh: Ibnu Hasyim Alwi  

Link asal:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar