== lunk Eank Asoygeboy
assalamu alaikum wr.wb.
Maaf Mau tanya nich... Di desa saya kalo ada hajatan walimatul ursi biasanya menyembelih sapi, akn tetapi niat tuan rumah (sohibul hajah) tersebut penyembelihannya diniati dengan AQIQOH.
Pertanyaan:
1. apakah boleh tuan rumahnya (sohibul hajah) makan daging sapi tersebut.
2. apakah syah AQIQOH trsebut?
JAWABAN:
>> Muqit Ismunoer
wa alaikum salam.
1. Boleh, asalkan bukan aqiqoh wajib.
Refrensi:
Fiqh al-Islaam wa Adillatuhu IV/287
ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻠﺤﻢ ﻛﺎﻟﻀﺤﺎﻳﺎ، ﻳﺆﻛﻞ ﻣﻦ ﻟﺤﻤﻬﺎ، ﻭﻳﺘﺼﺪﻕ ﻣﻨﻪ، ﻭﻻ ﻳﺒﺎﻉ ﺷﻲﺀ ﻣﻨﻬﺎ. ﻭﻳﺴﻦ ﻃﺒﺨﻬﺎ، ﻭﻳﺄﻛﻞ ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﻴﺖ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻓﻲ ﺑﻴﻮﺗﻬﻢ، ﻭﻛﺮﻩ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﻋﻤﻠﻬﺎ ﻭﻟﻴﻤﺔ ﻳﺪﻋﻮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺇﻟﻴﻬﺎ. ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ: ﻛﺴﺮ ﻋﻈﺎﻣﻬﺎ، ﻭﻻ ﻳﻨﺪﺏ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ: ﻳﺠﻮﺯ ﺍﺗﺨﺎﺫ ﺍﻟﻮﻟﻴﻤﺔ ، ﻭﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻛﺴﺮ ﺍﻟﻌﻈﺎﻡ، ﺇﺫ ﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻓﻴﻪ ﻧﻬﻲ ﻣﻘﺼﻮﺩ، ﺑﻞ ﻫﻮ ﺧﻼﻑ ﺍﻷﻭﻟﻰ، ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﺗﻔﺼﻞ ﺃﻋﻀﺎﺅﻫﺎ، ﻭﻻ ﺗﻜﺴﺮ ﻋﻈﺎﻣﻬﺎ، ﺗﻔﺎﺅﻻً ﺑﺴﻼﻣﺔ ﺃﻋﻀﺎﺀ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ، ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ، ﺃﻧﻬﺎ ﻗﺎﻟﺖ« : ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺷﺎﺗﺎﻥ ﻣﻜﺎﻓﺌﺘﺎﻥ ﻋﻦ ﺍﻟﻐﻼﻡ، ﻭﻋﻦ ﺍﻟﺠﺎﺭﻳﺔ ﺷﺎﺓ ﺗﻄﺒﺦ ﺟُﺪﻭﻻً 2 ) )
" Hukum daging Aqiqoh sama seperti halnya daging qurban boleh dimakan dagingnya (bila tidak berupa aqiqah wajib/ nadzar) dan disedekahkan sebagiannya, jangan ada yang dijual, disunahkan memasak dagingnya dimakan sekeluarga dan lainnya dalam rumah. Menurut kalangan Malikiyyah makruh hukumnya menjadikan aqiqah sebagai bentuk walimah dengan mengundang orang menikmatinya namun menurut kalangan ini boleh memecah tulang-tulang binatang aqiqah tapi tidak disunahkan . Menurut kalangan Syafi'iyyah dan Hanabilah boleh dijadikan walimah karena tidak terdapat dalil pelarangan tentangnya hanya saja hukumnya Khilaaf Aula (menyalahi keutamaan) tapi tulang hewan aqiqahnya jangan dipecah sebagai bentuk pengharapan baik atas keselamatan anggota tubuh anak yang dilahirkan berdasarkan riwayat dari 'Aisyah ra "Yang sunah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama sedang anak perempuan seekor kambing dengan di masak per anggota badan".
Tuhfatul Muhtaj, Juz : 9 Hal ; 363-365
ﻭﻟﻪ ﺍﻷﻛﻞ ﻣﻦ ﺃﺿﺤﻴﺔ ﺗﻄﻮﻉ ﻭﺇﻃﻌﺎﻡ ﺍﻷﻏﻨﻴﺎﺀ ﻻ ﺗﻤﻠﻴﻜﻬﻢ ﻭﻳﺄﻛﻞ ﺛﻠﺜﺎ ﻭﻓﻲ ﻗﻮﻝ ﻧﺼﻔﺎ ﻭﺍﻷﺻﺢ ﻭﺟﻮﺏ ﺗﺼﺪﻕ ﺑﺒﻌﻀﻬﺎ ﻭﺍﻷﻓﻀﻞ ﺑﻜﻠﻬﺎ ﺇﻻ ﻟﻘﻤﺎ ﻳﺘﺒﺮﻙ ﺑﺄﻛﻠﻬﺎ
"Bagi orang yg berkurban boleh memakan daging kurbannya bila berupa kurban sunnah, dan boleh dibagikan kepada orang kaya namun tidak boleh tamlik/ memilikkan. Dia boleh memakan 1/3 dan ada sebagian pendapat 1/ 2 dari daging kurban tadi. Menurut Qoul asoh wajib mensedekahkan sebagiannya, dan yg lebih utama keseluruhannya keculai hanya sedikit untuk tabarruk".
2. Sah. Namun yang lebih utama daging aqiqoh tadi dihantarkan kepada faqir miskin dalam bentuk daging sudah dimasak.
Refrensi:
Fath al-Mu’iin II/336
ﻭﻳﻨﺪﺏ ﻟﻤﻦ ﺗﻠﺰﻣﻪ ﻧﻔﻘﺔ ﻓﺮﻋﻪ ﺃﻥ ﻳﻌﻖ ﻋﻨﻪ ﻣﻦ ﻭﺿﻊ ﺇﻟﻰ ﺑﻠﻮﻍ ﻭﻫﻲ ﻛﻀﺤﻴﺔ ﻭﻻ ﻳﻜﺴﺮ ﻋﻈﻢ ﻭﺍﻟﺘﺼﺪﻕ ﺑﻤﻄﺒﻮﺥ ﻳﺒﻌﺜﻪ ﺇﻟﻰ ...ﺍﻟﻔﻘﺮﺍﺀ ﺃﺣﺐ ﻣﻦ ﻧﺪﺍﺋﻬﻢ ﺇﻟﻴﻬﺎ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺘﺼﺪﻕ ﻧﻴﺌﺎ..
"Disunahkan bagi orang yang wajib menafkahi anaknya untuk menyembelih aqiqah mulai masa kelahiran hingga dewasa/ baligh, aqiqah seperti halnya udhiyyah/qurban, jangan dipecah tulangnya, mensedahkannya dalam bentuk dimasak dan diantarkan pada orang-orang fakir lebih disukai ketimbang mengundang mereka atau memberikannya dalam bentuk mentah dibandingkan dengan membuat acara dan mengundang tetangga untuk memakannya".
Mohon dikoreksi. .!
Link Asal:
http://www.facebook.com/groups/230254130404633?view=doc&id=348528145243897&refid=18
Tidak ada komentar :
Posting Komentar