Kamis, 06 Juni 2013

030. AQIQOH DAN QURBAN MANA YANG HARUS DIDAHULUKAN...???? DAN BOLEHKAH AQIQOH DAN QURBAN SEKALIGUS...???

== Bay Dhawi Hamamy

munaxak apa xng di dahulukan antar aqikoh dan kurabn bagi seseorang xng sudah balig. Dan apakah boleh korban sekeligus aqikoh di niati bersamaan dalam st ruang, ngart kan maksud ag.

JAWABAN:

>> Muqit Ismunoer

Aqiqah disunnahkan pelaksanaannya sebagai bentuk syukur kepada Allah atas karunia kelahiran seorang anak, sedangkan qurban disunnahkan terkait dengan hari raya ‘Iedul Adha setiap tahun bagi yang mampu. Jadi sebagai ibadah, masing- masing berdiri sendiri- sendiri, dan dilaksanakan masing-masing pada waktunya.

Aqiqah atau Kurban yang didahulukan?

Bila seseorang dihadapkan oleh dua pilihan dengan keterbatasan dana yang dimilikinya antara kurban atau aqiqah maka kurban lebih diutamakan baginya,
dikarenakan hal berikut :

  1. Perintah berkurban ini ditujukan kepada setiap orang yang mukallaf dan memiliki kesanggupan berbeda dengan perintah aqiqah yang pada asalnya ia ditujukan kepada ayah dari bayi yang terlahir.
  2. Meskipun ada pendapat yang memperbolehkan seseorang mengaqiqahkan dirinya sendiri namun perkara ini bukanlah yang disepakati oleh para ulama. Dalil mereka yang memperbolehkan seseorang mengaqiqahkan dirinya sendiri adalah apa yang diriwayatkan dari Anas dan dikeluarkan oleh al Baihaqi, “Bahwa Nabi saw mengaqiqahkan dirinya sendiri setelah beliau diutus menjadi Rasul.” Kalau saja hadits ini shohih, akan tetapi dia mengatakan,” Sesungguhnya hadits ini munkar dan didalamnya ada Abdullah bin Muharror dan ia termasuk orang lemah sekali sebagaimana disebutkan oleh al Hafizh. Kemudian Abdur Rozaq berkata,”Sesungguhnya mereka telah membicarakan dalam masalah ini dikarenakan hadits ini.” (Nailul Author juz VIII hal 161 – 162, Maktabah Syamilah)


Qurban dan Aqiqoh sekaligus

satu ekor Kambing dijadikan Qurban sekaligus Aqiqoh mash ada perselisihan di kalangan Madzhab Syafi'ie. Menurut Imam Ibnu Hajar Hukumnya tidak Boleh dan tdk mencukupi, sedangkan menurut Imam Romli boleh dan cukup untuk Qurban dan Aqiqoh.

Refrensi:
Itsmadul-‘Ainain Hal 77


Hal 77
ﻣﺴﺌﻠﺔ ( ﻟﻮ ﻧﻮﻱ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ
ﻭﺍﻟﻀﺤﻴﺔ ﻟﻢ ﺗﺤﺼﻞ ﻏﻴﺮ ﻭﺍﺣﺪ
ﻋﻨﺪ ﺣﺞ ﻭﻳﺤﺼﻞ ﺍﻟﻜﻞ ﻋﻨﺪ ﻣﺮ
ﺍﻫـ
(Masalah) Apabila seseorang meniati aqiqah dan qurban, maka tidak hasil kecuali satu (niat) menurut Imam Ibnu Hajar dan bisa hasil keseluruhannya menurut Imam Muhammad Ramli.

http://www.facebook.com/groups/mdm.kajian/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar