Selasa, 04 Juni 2013

003. BERFIKIR SEJENAK LEBIH BAIK DARI IBADAH 70 TAHUN, Hadits apa bukan?

>> Backy El-bany
Sy prnah mmbca sbuah buletin salaf yg prnah mnybutkan bhwa ppatah "berfkir sjnak lbih baik dri pda bribdah 60 th." trxata bukan hadis. Tpi hax sbuah pri bhasa ulama trdhulu. Hal trsbut mnimbulkan sbuah prtaxaan dlm bnak sy,
Pertanyaan:
apkah bnar ppatah trsbut bkn hdis?
Jka mmang bkn hdis, ap kta hrus mngumum kan pda smua orng. Mngingt pptah it olh orng2 d nggap hdis?


Jawaban:

== Ibnu Hasyim Alwi

“Tafakkaru Sa’atan afdhalu min
‘ibadati sittina sanah” (berfikir
sesaat lebih baik daripada ibadah
60 tahun).
Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dari Imam Dafr bin
Ali dari Imam Abu Bakar bin
Muhammad bin Ali dari Imam
Muhammad bin Ahmad bin
Abdurrahman, dari Imam
Muhammad bin Hibban, dari Abdullah bin Muhammad bin
Zakariya, dari Utsman bin Abdillah
al-Qurasyi, dari Ishaq bin Nâjih al-
Malâthî, dari Imam ‘Atha’ al-
Khurasani, dari Abu Hurairah,
dari Rasulullah SAW.

== Muqit Ismunoer

ﻭﻳﻌﺮﻑ ﺍﻟﻮﺿﻊ ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻣﺘﻨﻪ
ﺑﺄﻣﻮﺭ ﻣﻨﻬﺎ ﺭﻛﺎﻛﺔ ﺃﻟﻔﺎﻇﻪ )
ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﻘﻴﻨﻲ ﻭﺷﺎﻫﺪ ﻫﺬﺍ ﺃﻥ
ﺇﻧﺴﺎﻧﺎ ﻟﻮ ﺧﺪﻡ ﺇﻧﺴﺎﻧﺎ ﺳﻨﻴﻦ
ﻭﻋﺮﻑ ﻣﺎ ﻳﺤﺐ ﻭﻣﺎ ﻳﻜﺮﻩ ﻓﺎﺩﻋﻰ
ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻜﺮﻩ ﺷﻴﺌﺎ ﻳﻌﻠﻢ
ﺫﻟﻚ ﺃﻧﻪ ﻳﺤﺒﻪ ﻓﺒﻤﺠﺮﺩ ﺳﻤﺎﻋﻪ
ﻳﺒﺎﺩﺭ ﺇﻟﻰ ﺗﻜﺬﻳﺒﻪ .
ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﺍﻟﻤﺪﺍﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﺔ ﻋﻠﻰ
ﺭﻛﺔ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ، ﻭﺍﻟﻘﻮﻝ ﻫﺬﺍ ﻳﻜﻮﻥ
ﻓﻲ ﻏﺎﻟﺐ ﺍﻟﺤﺎﻝ ﻷﻥ ﺭﻛﺔ ﺍﻟﻠﻔﻆ
ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻮﺟﻮﺩﺓ ﻭﻣﻊ
ﺫﻟﻚ ﻻ ﻳﻤﻜﻦ ﺣﺪﻭﺛﻪ ﻣﻦ ﻋﻨﺪ
ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺃﻓﺼﺢ ﻣﻦ
ﻧﻄﻖ ﺑﻠﻐﺔ ﺍﻟﻀﺎﺩ
ﻭﺭﻛﺔ ﺍﻟﻠﻔﻆ ﻓﻘﻂ ﻓﻼ ﺗﺪﻝ ﻋﻠﻰ
ﺍﻟﻮﺿﻊ ﻻﺣﺘﻤﺎﻝ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺭﻭﺍﻩ
ﺑﺎﻟﻤﻌﻨﻰ ﻓﻐﻴﺮ ﻟﻔﻈﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﻓﺼﻴﺢ
ﻭﺇﻥ ﺻﺮﺡ ﺑﺄﻧﻪ ﻣﻦ ﻟﻔﻆ ﺍﻟﻨﺒﻲ
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻜﺎﺫﺏ
(ﻭﻓﺴﺎﺩ ﻣﻌﻨﺎﻩ )
ﻭﻛﺄﻥ ﻳﻔﺮﻁ ﺑﺎﻟﻮﻋﻴﺪ ﺍﻟﺸﺪﻳﺪ ﻋﻠﻰ
ﺍﻷﻣﺮ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﺃﻭ ﺍﻟﻮﻋﺪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ
ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﺍﻟﺤﻘﻴﺮ. ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻚ
ﺣﺪﻳﺚ ﻣﻦ ﻓﺮﺡ ﺑﺪﺧﻮﻝ ﺭﻣﻀﺎﻥ
ﺣﺮﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﺟﺴﺪﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻴﺮﺍﻥ
ﻭﺣﺪﻳﺚ ﺇﻥ ﻟﻠﻪ ﻣﻠﻜﺎ ﺍﺳﻤﻪ ﻋﻤﺎﺭﺓ
ﻋﻠﻰ ﻓﺮﺱ ﻣﻦ ﺣﺠﺎﺭﺓ ﺍﻟﻴﺎﻗﻮﺕ
ﻃﻮﻟﻪ ﻣﺪ ﺑﺼﺮﻩ ﻳﺪﻭﺭ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪﺍﻥ
ﻭﻳﻘﻒ ﻓﻲ ﺍﻷﺳﻮﺍﻕ ﻓﻴﻨﺎﺩﻱ ﺃﻻ
ﻟﻴﻐﻞ ﻛﺬﺍ ﻭﻛﺬﺍ ﺃﻻ ﻟﻴﺮﺧﺺ ﻛﺬﺍ
(ﻭﻛﺬﺍ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻤﺎ ﺛﺒﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ
ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ )
ﻷﻥ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺘﺐ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ
ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﻭﺣﻲ ﻓﻼ ﻳﻤﻜﻦ ﻭﺟﻮﺩ
ﺍﻻﺧﺘﻼﻑ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺣﻲ ﻷﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ
ﺃﻣﺎﺭﺍﺕ ﺍﻟﻌﺠﺰ ﻭﻫﻮ ﻣﺤﺎﻝ

Sedikit kesimpulan dr ibarat
di atas, kurang lebihnya
seperti di bawah ini >>>>

Kemawdlu'an Hadits dapat
diketahui dengan :

1. Lafadz-lafadz hadits
tidak sesuai dengan ilmu
Gramatika Arab sehingga
tidak layak keluar dari
orang yang fasih dalam
bahasa apalagi dari Nabi.

2. Mengandung ancaman
yang sangat besar atas
sesuatu yang sangat ringan
atau janji yang besar
terhadap pengamalan yang
sederhana.

Dan kita Tidak boleh langsung meyakini
bahwa itu hadist benar-
benar dari Rasulullah, tapi
cukup demi alasan hati-hati.
Artinya berpandangan
bahwa jangan-jangan itu
memang benar dari
Rasulullah s.a.w.
(Taisir
Mustolah Hadist: karya Ibnu Solah:
hal 34).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar