Rabu, 05 Juni 2013

023. SHOLAT JANAZAH DI ATAS KUBURAN

== Ibnu Toha

Assalamu'a laikum... wr wb

TITIPAN:
Tentang sholat janazah diatas kubur mayyit yg sudah dipendam.

Pertanyaan:
1. Bolehkan sholat janazah dgn cara seperti itu?
2. Apakah termasuk sholat ghaib atau sholat hadir?

JAWABAN:

Soal yang peratama:

>> Muqit Ismunoer
Banyak orang yang ingin mengerjakan shalat jenazah. Apalagi jika yang meninggal adalah seorang ulama'. Tidak jarang, shalat jenazah dilakukan setelah mayit disemayamkan dalam kuburannya.

Menanggapi hal ini ulama' Syafiiyah mengatakan boleh dan sah hal ini didasarkan pada hadits:

ﻋَﻦْ ﺯَﻳْﺪِ ﺑْﻦِ ﺛَﺎﺑِﺖٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﺧَﺮَﺟْﻨَﺎ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﻭَﺭَﺩْﻧَﺎ ﺍﻟْﺒَﻘِﻴﻊَ ﺇِﺫَﺍ ﻫُﻮَ ﺑِﻘَﺒْﺮٍ ﺟَﺪِﻳﺪٍ ، ﻓَﺴَﺄَﻝَ ﻋَﻨْﻪُ ، ﻓَﻘَﺎﻟُﻮﺍ : ﻓُﻼﻧَﺔٌ ، ﻓَﻌَﺮَﻓَﻬَ ﺎ ، ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﺃَﻻ ﺁﺫَﻧْﺘُﻤُﻮ ﻧِﻲ ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﻛُﻨْﺖَ ﻗَﺎﺋِﻼ ﺻَﺎﺋِﻤًﺎ ، ﻓَﻜَﺮِﻫْﻨَ ﺎ ﺃَﻥْ ﻧُﺆْﺫِﻧَﻚَ ، ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻻ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮﺍ ﻷَﻋْﺮِﻓَﻦّ َ ﻣَﺎ ﻣَﺎﺕَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻣَﻴِّﺖٌ ﻣَﺎ ﻛُﻨْﺖُ ﺑَﻴْﻦَ ﺃَﻇْﻬُﺮِﻛُ ﻢْ ﺇِﻻ ﺩَﻋَﻮْﺗُﻤُ ﻮﻧِﻲ ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺻَﻼﺗِﻲ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺭَﺣْﻤَﺔٌ ﻗَﺎﻝَ : ﺛُﻢَّ ﺃَﺗَﻰ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮَ ، ﻓَﺼُﻔِﻔْﻨَ ﺎ ﺧَﻠْﻔَﻪُ ، ﻓَﻜَﺒَّﺮَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺃَﺭْﺑَﻌًﺎ (ﻣﺴﻨﺪ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺍﻟﺠﺰﺀ 4 ﺹ 388 (

Diriwayatkan dari Zaid Bin Tsabit Ra, beliau berkata kami pernah keluar bersama Nabi Saw. Ketika kami sampai di Baqi', ternyata ada kuburan baru. Lalu beliau bertanya tentang kuburan itu. Sahabat bertanya, yang meninggal adalah seorang perempuan, dan ternyata beliau mengenalnya. Kemudian beliau bersabda Kenapa kalian tidak memberitahu aku tentang kematiannya?. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah , anda (waktu itu) sedang tidur qailulah (tidur sebentar sebelum waktu dhuhur) dan berpuasa. Maka kami tidak ingin mengganggumu. Rasulullah menjawab: Jangan begitu, seorang tidak akan mati di antara kalian selama aku berada di tengah-ten gah kalian kecuali kalian mengabarka nnya kepadaku. Karena shalatku merupakan rahmat baginya. Lalu beliau mendatangi kuburan itu dan kami pun berbaris di belakang beliau. Kemudian beliau bertakbir empat kali (shalat jenazah) untuknya.
(Musnad Ahmad bin Hanbal, juz 4 hal 388)

Dari hadits di atas dapat dipahami bahwa shalat jenazah di atas kuburan adalah boleh.

Imam Daru al-Quthni menambahka n shalat jenazah di depan kuburan tetap sah meskipun jenazah sudah satu bulan dimakamkan.

ﻭَﻟَﻮْ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻦْ ﺩُﻓِﻦَ ﺻَﺤَّﺖْ ﺻَﻼَﺗُﻪُ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻼَﻡ ُ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ ﺑَﻌْﺪَ ﻣَﺎ ﺩُﻓِﻦَ (ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﺸَّﻴْﺨَﺎ ﻥِ ) ﺯَﺍﺩَ ﺩَﺍﺭُ ﺍﻟﻘُّﻄْﻨِﻰ ﺑَﻌْﺪَ ﺷَﻬْﺮٍ (ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺍﻻﺧﻴﺎﺭ، ﺝ 1 ﺹ 157)

Imam al-Rouyani berkata meskipun mayat telah dikebumikan tetap sah menshalatinya karena Nabi pernah melakukan hal tersebut di atas kuburan setelah mayat di tanam, bahkan Imam Daru al-Quthni menambahkan, meskipun sudah melewati satu bulan. (Kifayah al- Akhyar, juz I hal. 157)

Mohon dikoreksi....

Soal yang kedua

>> Muqit Ismunoer
Shalat ghaib adalah shalat jenazah yang dilakukan oleh kaum muslimin terhadap saudaranya yang wafat, sementara jenazahnya tidak ada di depan mereka atau berada di tempat yang lain.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu:

ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻧَﻌَﻰ ﺍﻟﻨَّﺠَﺎﺷِ ﻲَّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻴَﻮْﻡِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻣَﺎﺕَ ﻓِﻴﻪِ ﺧَﺮَﺝَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠَّ ﻰ ﻓَﺼَﻒَّ ﺑِﻬِﻢْ ﻭَﻛَﺒَّﺮَ ﺃَﺭْﺑَﻌًﺎ

"Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengumumkan kematian An-Najasyi pada hari kematiannya. Kemudian beliau keluar menuju tempat shalat lalu beliau membariskan shaf kemudian bertakbir empat kali." (HR. Al-Bukhari no. 1337)

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu dia berkata:

ﺃَﻥَّ ﺭَﺟُﻠًﺎ ﺃَﺳْﻮَﺩَ ﺃَﻭْ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓً ﺳَﻮْﺩَﺍﺀَ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻘُﻢُّ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪ َ ﻓَﻤَﺎﺕَ ﻓَﺴَﺄَﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻨْﻪُ ﻓَﻘَﺎﻟُﻮﺍ ﻣَﺎﺕَ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﻓَﻠَﺎ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺁﺫَﻧْﺘُﻤُﻮ ﻧِﻲ ﺑِﻪِ ﺩُﻟُّﻮﻧِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺒْﺮِﻩِ ﺃَﻭْ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺒْﺮِﻫَﺎ ﻓَﺄَﺗَﻰ ﻗَﺒْﺮَﻫَﺎ ﻓَﺼَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ

"Ada seorang laki-laki kulit hitam atau wanita kulit hitam yang menjadi tukang sapu di masjid telah meninggal dunia. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu bertanya tentang keberadaan orang tersebut. Orang-orang pun menjawab," Dia telah meninggal!" Beliaupun bersabda," Kenapa kalian tidak memberi kabar kepadaku? Tunjukkanlah kuburannya padaku!" Beliau kemudian mendatangi kuburan orang itu kemudian menshalati nya.” (HR. Al- Bukhari no. 1333 dan Muslim no. 1588)

dalam kitab Anwarul Masalik/ 98 disebutkan:

ﻭَﻳَﺠُﻮﺯُ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻐَﺎﺋِﺐِ ﻋَﻦْ ﺑَﻠَﺪٍ ﻭَﺇِﻥْ ﻗَﺮُﺑَﺖْ ﻣَﺴَﻔَﺎﺗُﻪ ُ ﺑِﺄَﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺩُﻭﻥَ ﻣَﺴَﺎﻓَﺔِ ﺍﻟﻘَﺼْﺮِ ﻭَﻻَ ﻳَﺠُﻮﺯُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻐَﺎﺋِﺐِ ﻓِﻰ ﺍﻟﺒَﻠَﺪِ ﻭَﺇِﻥِ ﺍﺗَّﺴَﻌَﺖْ ﺃَﺭْﺟَﺎﺅُﻩُ .

"Dan boleh disholati ghoib, mayit yang tidak ada dalam kota meskipun jarak-nya dekat, yaitu kurang dari jarak yang membolehkan sholat qashar. Dan tidak boleh disholati ghoib mayit yang berada dalam kota meskipun kota itu luas wilayahnya"

dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa mensholti mayit di samping kuburnya tidak termasuk sholat ghaib.

Dalam kitab I'anatu At-Tholibi n Juz II/ 133 disebutkan:

ﺍﻟﻤﺘﺠﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﻌﺘﺒﺮ ﺍﻟﻤﺸﻘﺔ ﻭﻋﺪﻣﻬﺎ ﻓﺤﻴﺚ ﺷﻖ ﺍﻟﺤﻀﻮﺭ ﻭﻟﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻟﻜﺒﺮﻫﺎ ﻭﻧﺤﻮ ﺻﺤﺖ ﻭﺣﻴﺚ ﻻ ﻭﻟﻮ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺴﻮﺭ ﻟﻢ ﺗﺼﺢ ﻡ ﺭ

"Dalam batasan jarak tempuh diperkenan kannya shalat ghaib yang menjadi pertimbang an adalah masyaqqat (kesulitan ) dan tidaknya berkunjung pada tempat janazah, walaupun masih berada dalam satu daerah bila terjadi masyaqqat, boleh menjalankan shalat ghaib dan walaupun diluar daerah bila tidak ada kesulitan mendatanginya maka tidak boleh menunaikan shalat ghaib.

Mohon dikoreksi...!!!

Barangkali ada yang lain, silahkan ditampilkan argument beserta ibaratnya...!

>> Mazz Rofi
2. Apakah termasuk sholat ghaib atau sholat hadir?

.....sholat HADIR

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ )4/478
( ﻭ ( ﺗﺼﺢ ) ﻋﻠﻰ ﻏﺎﺋﺐ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ ( ﻭﻟﻮ ﺩﻭﻥ ﻣﺴﺎﻓﺔ ﺍﻟﻘﺼﺮ ﻭﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﻭﺍﻟﻤﺼﻠﻲ ﻣﺴﺘﻘﺒﻠﻬﺎ } ؛ ﻷﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﺧﺒﺮﻫﻢ ﺑﻤﻮﺕ ﺍﻟﻨﺠﺎﺷﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻟﺬﻱ ﻣﺎﺕ ﻓﻴﻪ ﺛﻢ ﺧﺮﺝ ﺑﻬﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺼﻠﻰ ﻓﺼﻠﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻛﺒﺮ ﺃﺭﺑﻌﺎ . } ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺸﻴﺨﺎﻥ ﻭﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺭﺟﺐ ﺳﻨﺔ ﺗﺴﻊ ﻟﻜﻨﻬﺎ ﻻ ﺗﺴﻘﻂ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﺑﺎﻟﺒﻠﺪ ﻓﻼ ﻳﺼﻠﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺣﻀﺮﻩ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺗﺼﺢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻭﺍﻟﻐﺎﺋﺐ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻣﻤﻦ ﻛﺎﻥ ) ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﻓﺮﺿﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﻣﻮﺗﻪ )

sholat di kuburan adalah sholat HADIR

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ 149 /2) ) (
ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺣﺎﺿﺮﺍ( ﺃﻱ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ، ﻻ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪ، ﻟﻤﺎ ﺳﻴﺬﻛﺮﻩ ﻣﻦ ﺃﻧﻬﺎ ﻻ ﺗﺼﺢ ﻋﻠﻰ ﻣﻴﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻏﺎﺋﺐ ﻋﻦ ﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ . ( ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻟﻮ ﻓﻲ ﻗﺒﺮ( ﺃﻱ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﻛﺎﺋﻨﺎ ﻓﻲ ﻗﺒﺮ، .......... .......... .......... .......... ﻓﻴﺸﺘﺮﻁ ﻋﺪﻡ ﺗﻘﺪﻡ ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ ﻋﻠﻴﻪ. ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﻐﻨﻲ: ﻭﻳﺸﺘﺮﻁ ﺃﻥ ﻻ ﻳﺘﻘﺪﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺠﻨﺎﺯﺓ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮﺓ ﺇﺫﺍ ﺻﻠﻲ ﻋﻠﻴﻬﺎ، ﻭﺃﻥ ﻻ ﻳﺘﻘﺪﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺇﺫﺍ ﺻﻠﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻓﻴﻬﻤﺎ

ﻛﺎﺷﻔﺔ ﺍﻟﺴﺠﺎ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺳﻔﻴﻨﺔ ﺍﻟﻨﺠﺎ )ﺹ : 248)
( ﺍﻷﻭﻝ: ﺍﻟﻨﻴﺔ( ﻭﻳﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺼﺪ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﻟﺼﻼﺓ ﺍﻟﺠﻨﺎﺯﺓ ﻭﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﺮﺿﻴﺔ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﻌﺮﺽ ﻟﻠﻜﻔﺎﻳﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ، ﻭﻻ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﺗﻌﻴﻴﻦ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﺑﺎﺳﻤﻪ ﻭﻧﺤﻮﻩ ﻭﻻ ﻣﻌﺮﻓﺘﻪ ﺑﻞ ﻳﻜﻔﻲ ﺗﻤﻴﻴﺰﻩ ﻧﻮﻉ ﺗﻤﻴﻴﺰ ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﻧﻮﻳﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺣﻀﺮ ﻣﻦ ﺃﻣﻮﺍﺕ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﺮﺿﺎً ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﻛﻔﺎﻳﺔ، ﻓﺈﻥ ﻋﻴﻨﻪ ﻛﺰﻳﺪ ﺃﻭ ﺭﺟﻞ ﻭﻟﻢ ﻳﺸﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺃﺧﻄﺄ ﻓﻲ ﺗﻌﻴﻴﻨﻪ ﻛﺄﻥ ﺑﺎﻥ ﻋﻤﺮﺍً ﺃﻭ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻟﻢ ﺗﺼﺢ ﺻﻼﺗﻪ، ﻓﺈﻥ ﺃﺷﺎﺭ ﺇﻟﻴﻪ ﻛﺄﻥ ﻗﺎﻝ: ﻧﻮﻳﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺯﻳﺪ ﻫﺬﺍ ﻓﺒﺎﻥ ﻋﻤﺮﺍً ﺻﺤﺖ ﺻﻼﺗﻪ ﺗﻐﻠﻴﺒﺎً ﻟﻺﺷﺎﺭﺓ ﻭﻳﻠﻐﻮ ﺗﻌﻴﻴﻨﻪ، ﻭﺧﺮﺝ ﺑﺎﻟﺤﺎﺿﺮ ﻣﺎ ﻟﻮ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻰ ﻏﺎﺋﺐ، ﻓﺈﻥ ﻧﻮﻯ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﻤﻮﻡ ﻛﺄﻥ ﻗﺎﻝ: ﻧﻮﻳﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺗﺼﺢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺃﻣﻮﺍﺕ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻟﻢ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ، ﻭﻛﺬﺍ ﻟﻮ ﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻏﺴﻞ ﻭﻛﻔﻦ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻴﻮﻡ، ﻭﺇﻥ ﺃﺭﺍﺩ ﻏﺎﺋﺒﺎً ﺑﺨﺼﻮﺻﻪ ﻓﻼ ﺑﺪ ﻣﻦ ﺗﻌﻴﻴﻨﻪ ،

jadi, kalau jauh boleh sholat ghaib tapi kalau deket harus sholat hadir di atas quburannya . ini jauh dan dekatnya sampai dimana?

ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻐﺎﺋﺐ ﺍﻟﻐﺎﺋﺐ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻭﻟﻮ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﺴﻮﺭ ﻗﺮﻳﺒﺎً ﻣﻨﻪ

ada khilaf jg

ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ 253 /5) ) ( ﺃﻣﺎ( ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻓﻄﺮﻳﻘﺎﻥ )ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ( ﻭﺑﻪ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻭﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﻀﺮ ﻋﻨﺪﻩ ﻷﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﻟﻢ ﻳﺼﻞ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺿﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺇﻻ ﺑﺤﻀﺮﺗﻪ " ﻭﻷﻧﻪ ﻻ ﻣﺸﻘﺔ ﻓﻴﻪ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﻐﺎﺋﺐ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ " ﻭﺍﻟﻄﺮﻳﻖ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ( ﺣﻜﺎﻩ ﺍﻟﺨﺮﺍﺳﺎﻧﻴﻮ ﻥ ﺃﻭ ﺃﻛﺜﺮ ﻫﻢ ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ )ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ( ﻫﺬﺍ ( ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ) ﻳﺠﻮﺯ ﻛﺎﻟﻐﺎﺋﺐ ﻓﺈﻥ ﻗﻠﻨﺎ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻴﻦ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻭﺍﻟﻤﻴﺖ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻣﺎﺋﺘﻲ ﺫﺭﺍﻉ ﺃﻭ ﺛﻼﺛﻤﺎﺋﺔ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﻗﺎﻝ ﻭﺣﻜﻲ ﻫﺬﺍ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﺠﻮﻳﻨﻲ .

>> Ibnu Toha
saya menemukan ibarot di I'anah sbb:

( ﻗﻮﻟﻪ: ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﻓﺮﺿﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﻣﻮﺗﻪ( ﻣﺘﻌﻠﻖ ﺑﻜﻞ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ: ﺗﺼﺢ ﻋﻠﻰ ﻣﻴﺖ ﻏﺎﺋﺐ، ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﺗﺼﺢ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺿﺮ ﻣﺪﻓﻮﻥ . ﺃﻱ ﺗﺼﺢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺍﻟﻐﺎﺋﺐ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﺍﻟﻤﺪﻓﻮﻥ، ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻳﺮﻳﺪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺃﺩﺍﺀ ﻓﺮﺿﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﺑﺄﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﻣﻜﻠﻔﺎ ﻃﺎﻫﺮﺍ، ﻷﻧﻪ ﻳﺆﺩﻱ ﻓﺮﺿﺎ ﺧﻮﻃﺐ ﺑﻪ . ﺍﻩ. ﺗﺤﻔﺔ ﻭﻓﻲ ﺳﻢ ﻣﺎ ﻧﺼﻪ: ﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﻭﺷﺮﺣﻪ: ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺗﺼﺢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻭﺍﻟﻐﺎﺋﺐ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻣﻤﻦ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﻓﺮﺿﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﻣﻮﺗﻪ . ﺍﻩ.
‎(I'anah Attholibin 2/152 Maktabah Syamilah)

DIKOREKSI. .......

Link asal:
https://www.facebook.com/groups/230254130404633?view=doc&id=335842769845768&refid=18

Tidak ada komentar :

Posting Komentar