Senin, 24 Juni 2013

109. MAKANAN: STATUS HUKUM PETIS




Assalamualaikum Wr. Wb

Katih panapah hokomah pettes manabi ekibeh asolat najis ponapah punten? (Madura)
Bagaimana hukum Petis ? Apakan najis atau tidak
Catatan: Petis adalah air yang mengental yang didapatkan dari air kukusan ikan dengan cara di masak hingga mengental. Jadi yang dipermasalahkan karena kotoran ikan sebelum dikukus tidak dibuang terlebih dahulu.

Waalaikum salam Wr. Wb


Pendapat pertama menghukumi najis kotoran ikan,seperti yang dikemukakan oleh Syeh Abu Hamid,.
Al Qodhi Abit Thoyyib menambahkan jika kotoran ikan dihukumi najis maka jika ikan tersebut digoreng tanpa dikeluarkan kotorannya minyak goreng tersebut dihukumi mutanajjis.
Pendapat yang menghukumi najisnya kotoran ikan adalah pendapat yang ashoh menurut Syeh Al Buroihami.
Menurut Imam Nawawi ini adalah pendapat yang diakui dalam madzhab.Ulama Iraq dan sebagian golongan ulama’ Khurosan juga mengikuti pendapat ini, sedangan sebagian ulama’ Khurosan meriwayatkan satu pendapat yang lemah bahwa kotoran ikan hukumnya suci.

Sedangkan menurut pendapat yang kedua, kotoran ikan dihukumi suci,salah satu alasan yang dikemukakan oleh pendukung pendapat ini adalah bahwa jika bangkainya dihukumi suci,maka kotorannya pun tentu dihukumi suci, karena dalam bangkai pun tentu ada kotorannya.
 Imam Ibnu Hajar, Imam Ziyad dan Imam Ar Romli dan ulama’ lainnya juga menyepakati ketetapan hukum bahwa kotoran yang terdapat pada ikan-ian kecil dihukumi suci dan boleh dimakan,karena itu benda-benda yang terkena kotoran tersebut seperti minyak goreng tidak najis bila terkena kotoran ikan tersebut.
Bahkan menurut Imam Ar Romli hukum ini juga berlaku bagi ikan yang besar. Penulis kitab Al Ibanah menilai pendapat yang menghukumi suci kotoran ikan adalah pendapat yang Ashoh,bahkan Imam Al Rosyidi menganggap bahwa pendapat yang menghukumi najis kotoran ikan adalah pendapat yang lemah, dan mengklaim bahwa pendapat yang menghuumi suci kotoran ikan adalah pendapat yang mu’tamad.
Wallohu A’lam.

Referensi :
1. Al Wasith, Juz : 1, Hal : 154
2. Al Bayan, Juz : 4 hal : 525
3. Al Majmu’, Juz : 2 Hal : 550
4. Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 15
5. Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 15
6. Fathul Jawad, Hal : 44
7. Hasyiyah al Rosyidi Al Fathil jawad, hal : 44

1. Al Wasith, Juz : 1, Hal : 154

الثَّانِي رَوْث السّمك وَالْجَرَاد وَمَا لَيْسَ لَهُ نفس سَائِلَة فَفِيهِ وَجْهَان أَحدهمَا نجس طردا للْقِيَاس وَالثَّانِي أَنه طَاهِر لِأَنَّهُ إِذا حكم بِطَهَارَة ميتتهما فكأنهما فى معنى النَّبَات وَهَذِه رطوبات فى بَاطِنهَا

2. Al Bayan, Juz : 4 hal : 525

قال الشيخ أبو حامد: وأما السمك الهازي: وهو السمك الصغار، الذي يقلى ببغداد ولا يخرج ما في جوفه من الرجيع.. فلا يحل أكله ورجيعه فيه؛ لأن رجيعه نجس، فلا يحل أكله.
فعند الشيخ أبي حامد: روث السمك نجس وجها واحدا، وفي دمه وجهان.
وأما صاحب " الإبانة ": فقال: في روث السمك وجهان، كدمه، أصحهما: أنه ليس بنجس.
فعلى هذا: يحل أكله قبل أن يخرج.

3. Al Majmu’, Juz : 2 Hal : 550

وَقَدْ سَبَقَ أَنَّ مَذْهَبَنَا أَنَّ جميع الارواث والدرق وَالْبَوْلِ نَجِسَةٌ مِنْ كُلِّ الْحَيَوَانِ سَوَاءٌ الْمَأْكُولُ وَغَيْرُهُ وَالطَّيْرُ وَكَذَا رَوْثُ السَّمَكِ وَالْجَرَادِ وَمَا لَيْسَ لَهُ نَفْسٌ سَائِلَةٌ كَالذُّبَابِ فَرَوْثُهَا وَبَوْلُهَا نَجِسَانِ عَلَى الْمَذْهَبِ وَبِهِ قَطَعَ الْعِرَاقِيُّونَ وَجَمَاعَاتٌ مِنْ الْخُرَاسَانِيِّينَ وَحَكَى الْخُرَاسَانِيُّونَ وَجْهًا ضَعِيفًا فِي طَهَارَةِ رَوْثِ السَّمَكِ وَالْجَرَادِ وَمَا لَا نَفْسَ له سائل

4. Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 15

فائدة : نقل عن البريهمي أنه قال فى الأصح أن ذرق السمك والجراد وما يخرج من فيها نجس وفى الإبانة أنه طاهر

5. Bughyatul Mustarsyidin, Hal : 15

وقد اتفق ابن حجر وزياد و م ر وغيرهم على طهارة ما في جوف السمك الصغير من الدم والروث ، وجواز أكله معه ، وأنه لا ينجس به الدهن ، بل جرى عليه م ر الكبير أيضاً

6. Fathul Jawad, Hal : 44

قال البندنيجي : سألت الشيخ أبا حامد عن سمك يقلى وفيه الروث هل يؤكل ؟ فقال : هو طاهر اه. وفى تعليق القاضي أبى اطيب : انه لو قلى سمكا وفى بطنه الروث تنجس الزيت بما فى بطنه من الروث وتنجس السمك اه. والصحيح الأول

7. Hasyiyah al Rosyidi Al Fathil jawad, hal : 44

قوله فقال هو طاهر : معتمد, وقوله تنجس ضعيف

(Mujawwib: Helmi Eenk )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar