Senin, 10 Juni 2013

0098. STATUS PEMBERIAN DALAM LAMARAN



assalamualaikum.
Mo naxa' nih ust2 yg cakep2.
Apa sttus lamaran (ca'madureh, bawa' tettel, becit, baju, wa akhwatuhum) dalam tunangan/nikah.?

Sail: Ulish Gunawan

Waalaikum salam Wr. Wb.

Pemberian tersebut termasuk hadiah.
Dan pemberian tersebut  bisa diminta kembali ketika tidak terjadi nikah jika di berikannya karena ingin menikahinya.
Dan tidak bisa diminta kembali ketika dalam memberinya tidak ada niat apa-apa.

إعانة الطالبين - (ج 3 / ص 185)
وفي حاشية الجمل، في باب النكاح، ما نصه.(سئل م ر) عمن خطب امرأة، ثم أنفق عليها نفقة ليتزوجها، فهل له الرجوع بما أنفقه أم لا ؟.
(فأجاب) بأن له الرجوع بما أنفقه على من دفع له، سواء كان مأكولا، أو مشروبا، أم ملبسا، أم حلوا، أم حليا، وسواء رجع هو، أم مجيبه، أم مات أحدهما، لانه إنما أنفقه لاجل تزوجها، فيرجع به إن بقي، وببدله إن تلف، وظاهر أنه لا حاجة إلى التعرض لعدم قصده الهدية لا لاجل تزوجه بها، لانه صورة المسألة، إذ لو قصد ذلك، أي الهدية، لا لاجل تزوجه بها، لم يختلف في عدم الرجوع.اهـ. 

 
الفقه الإسلامي وأدلته - (ج 9 / ص 20)
هدايا الخطبة: أما رد الهدايا ففيه آراء فقهية:
1 - قال الحنفية (1) : هدايا الخطبة هبة، وللواهب أن يرجع في هبته إلا إذا وجد مانع من موانع الرجوع بالهبة كهلاك الشيء أو استهلاكه أو وجود الزوجية. فإذا كان ما أهداه الخاطب موجوداً فله استرداده. وإذا كان قد هلك أو استهلك أو حدث فيه تغيير، كأن ضاع الخاتم، وأكل الطعام. وصنع القماش ثوباً، فلا يحق للخاطب استرداد بدله.
2 - وذكر المالكية (2) : أن الهدايا قبل عقد الزواج أو فيه تتشطر بين المرأة والرجل، سواء اشترطت، أو لم تشترط؛ لأنها مشترطة حكماً.
3 - وفصل الحنابلة (3) بين أن يكون العدول من جهة الخاطب أو من جهة المخطوبة، فإذا عدل الخاطب، فلا يرجع بشيء ولو كان موجوداً. وإذا عدلت المخطوبة، فللخاطب أن يسترد الهدايا، سواء أكانت قائمة أم هالكة، فإن هلكت أو استهلكت وجبت قيمتها. وهذا حق وعدل، لأنه وهب بشرط بقاء العقد، فإن زال العقد، فله الرجوع، فأشبه بذلك.
4 - ورأى الشافعية (4) : أن للخاطب الرجوع بما أهداه؛ لأنه إنما أنفق لأجل تزوجها، فيرجع إن بقي، وببدله إن تلف.
==================================
(1) رد المحتار: 599/2.
(2) الشرح الصغير: 456/2.
(3) منار السبيل: 198/2.
(4) إعانة الطالبين، كتاب الهبة 156/3.
 
Hadiah/pemberian saat khithbah: adapun hukum mengambil kembali hadiyahyang diberikan saat khitbah terdapat beberapa pendat dikalangan ulama’ fuqoha’:
 

1.      Kalangan Hanafiyyah : “Hadiah-hadiah saat khitbah adalah hibah (pemberian), bagi si pemberi boleh menarik hadiah pemberiannya kecuali bila terjadi hal yang melarangnya seperti hadiahnya telah rusak, telah punah atau telah terjadi ikatan suami istri diantara keduanya. Bila hadiahnya masih ada si pemberi boleh menariknya, bila punah seperti cincin yang telah rusak, makanan yang telah termakan atau hadiahnya telah berubah bentuk seperti kain yang telah menjadi gaun maka bagi pemberi tidak berhak menuntut barang pengganti”

2.      Kalangan Malikiyyah : “Hadiah-hadiah sebelum atau saat perkawinan diparuh bagian antara wanita dan pria baik disyaratkan atau tidak karena hadiah diatas secara hukum memang menjadi persyaratan”

3.      Kalangan Hanabilah : “Ditinjau terlebih dahulu antara pelamar dan yang dilamar, mana diantara keduanya yang berpaling ?

Bila yang berpaling pihak laki-laki, tidak berhak baginya mengambil hadiahnya kembali sekalipun masih ada, Bila yang berpaling pihak wanita, pihak laki-laki boleh menarik kembali hadiahnya sekalipun sudah rusak dengan diberikan harga senilainya, keputusan ini dianggap adil dan bijak karena hadiah tersebut diberikan demi langgengnya ikatan bila ikatannya telah hilang tentu baginya boleh menarik ulang”

4.      Kalangan Syafi’iyyah : “Bagi laki-laki pelamar boleh menarik ulang hadiahnya sebab hadiah tersebut diberikan agar terjadi akad pernikahan, bila ikatannya gagal baginya berhak menariknya kembali saat masih ada atau dengan barang pengganti bila telah rusak”. (I’aanah at-Thoolibiin III/156)
===============================
1)      Rodd al-Mukhtaar II/599Syarh
2)      as-Shoghiir II/456
3)      Manaar as-Sabiil II/198
4)      I’aanah at-Thoolibiin III/156




Mujawwib:   Emka AbdulKarim
                       Abu Zaki

Link diskusi asal:
http://www.facebook.com/groups/mdm.kajian/434006653362712/?notif_t=group_comment_reply

Tidak ada komentar :

Posting Komentar